Tiga Jenis Laporan Akhir Masa Jabatan Kades

 

KONSIDERAN – Bila seorang kepala desa (Kades) akan berakhir masa jabatannya, sesuai peraturan yang  berlaku, dia harus membuat Laporan Akhir Masa Jabatan.

Laporan tersebut harus dibuat untuk memenuhi kewajiban Kades bila akan berakhir masa jabatannya.

Lalu, apa saja Laporan Akhir Masa Jabatan yang harus dibuat Kades di tahun terakhir masa jabatannya tersebut?

Berikut ini jenis-jenis laporan yang harus dibuat Kades:

1.Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa Akhir Masa Jabatan

Laporan ini dibahas oleh Kepala Desa dengan BPD dalam Musyawarah Desa (Musdes) Evaluasi Kinerja Kepala Desa yang selambat-lambatnya dilaksanakan lima bulan sebelum habis masa jabatan Kades.

Laporan ini berisi laporan penyelenggaraan pemerintahan desa selama lima tahun tujuh bulan Kades menjabat. Laporan ini disampaikan kepada Bupati melalui Camat selambat-lambatnya lima bulan sebelum habis masa jabatan Kades.

 

2.Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes Akhir Masa Jabatan

Laporan ini dibahas oleh Kepala Desa dengan BPD dalam Musdes Evaluasi Kinerja Kepala Desa, juga selambat-lambatnya dilaksanakan lima bulan sebelum habis masa jabatan Kades.

Laporannya disampaikan kepada Bupati melalui Camat selambat-lambatnya lima bulan sebelum habis masa jabatan Kades berisi laporan penyelenggaraan pemerintahan desa selama lima tahun tujuh bulan Kades menjabat.

 

3. Memori Akhir Masa Jabatan

Memori Akhir Masa Jabatan Kepala Desa tidak melalui pembahasan dengan BPD. Jenis laporan ini  berisi laporan penyelenggaraan pemerintahan desa dan laporan pertanggungjawabam realisasi pelaksanaan APBDes sisa lima bulan terakhir masa jabatan seorang kepala desa.

Laporan ini disampaikan kepada Bupati melalui Camat pada saat serah terima jabatan Kades.

Nah, itulah 3 jenis  laporan kepala desa yang harus dibuat jika seorang pejabat kepala desa akan segera berakhir masa jabatannya.***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *