Pemdes Debong Wetan Resmikan BUMDes “Karya Unggul Mandiri”

KONSIDERAN – Pemerintah Desa (Pemdes) Debong Wetan, Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Jawa Tengah meresmikan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) “Karya Unggul Mandiri” pada 15 Agustus 2023.

Peresmian BUMDes tersebut sekaligus me-lauching salah satu unit usaha yang dijalankan BUMDes yaitu unit usaha ternak burung Murai.

Unit usaha BUMDes tersebut dinamai “Rudal Bird Farm” yang berlokasi di Gang Rudal RT 01 RW 02 Desa Debong Wetan.

BUMDes “Karya Unggul Mandiri” ini secara resmi di-launching oleh Kepala Desa Debong Wetan, Tarsalim selaku Pemerintah Desa.

Acara ini dihadiri Camat Dukuhturi yang diwakili oleh Siswanto, staf Seksi Pemdes, dan juga dihadiri Pendamping Desa.

Direktur BUMDes “Karya Unggul Mandiri” Meivitri Sukmawanto menjelaskan bahwa perjalanan BUMDes Karya Unggul Mandiri Desa Debong Wetan telah melalui jalan yang berliku-liku terutama setelah BUMDes di-Perdes-kan kembali sesuai Peraturan Pemerintah no 11 tahun 2021.

BUMDes “Karya Unggul Mandiri” yang kini sudah memiliki status sudah berbadan hukum sempat vakum beberapa tahun karena permasalahan internal dan eksternal.

Namun dengan semangat tak kenal menyerah dari Pengurus BUMDes dan Pemerintah Desa serta dukungan masyarakat, maka tercetuslah gagasan untuk membentuk unit usaha ternak burung murai.

Saat ini usaha ternak burung murai sudah berjalan kurang lebih 4 bulan sampai sekarang.

Pada awalnya, penyertaan modal dari desa digunakan untuk sewa lahan dan pembangunan kandang serta membeli 12 pasang induk burung murai.

Hasil perkembangbiakan burung murai telah menghasilkan 16 ekor anakan murai yang sudah berumur 2,5 bulan.

Burung murai ini memiliki nilai penjualan yang tinggi, karena satu ekor anakan bisa dibandrol sekitar 1 juta rupiah tergantung jenis dan kualitas induknya.

Terkait BUMDes, Pendamping Desa Kecamatan Dukuhturi, Iman Fikriyani menyatakan bahwa salah satu kelemahan dalam usaha BUMDes biasanya adalah dalam hal administrasi atau pelaporan keuangan maupun perkembangan usaha.

Oleh karena itu Pendamping Desa Kecamatan Dukuhturi mendorong BUMDes dan unit usaha yang dijalankannya agar senantiasa melaksanakan administrasi dengan baik dan benar.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *