Mengenal Komponen Jembatan Sederhana

KONSIDERAN – Jembatan merupakan kontruksi yang dibuat untuk menyeberangi sungai, jalan raya, rel kereta api, penyeberangan pejalan kaki, atau yang lainnya.

Yang pasti, jembatan adalah utilitas penting yang dapat mempercepat mobilitas barang dan orang dalam kehidupan sehari-hari.

Jembatan dapat didefinisikan sebuah struktur kontruksi yang membentang secara horizontal di antara tumpuan sebagai media penghubung dari satu tempat ke tempat lain.

Mengingat peran dan fungsinya yang penting, dalam membangun sebuah jembatan, penyangga harus dibuat cukup kuat agar dapat menahan struktur jembatan dan beban yang melewati jembatan.

Oleh karena itu, para insinyur teknis sipil harus menghitung terlebih dahulu beban yang kira-kira akan ditampung oleh jembatan.

Lalu seperti apa struktur pada sebuah jembatan?

Terkait hal ini, seorang Pendamping Desa di Kabupaten Tegal, Tarpadi, lewat akun media sosial facebook menjelaskan mengenai komponen jembatan tersebut.

Dalam tulisannya, dikutip pada Minggu 29 Januari 2023, Tarpadi menjelaskan, secara umum struktur bridge atau jembatan terbagi menjadi tiga bagian utama, yaitu :

1. Struktur Atas ( superstruktur )

Struktur atas jembatan merupakan bagian yang menerima beban langsung yang meliputi berat jembatan itu sendiri, beban mati, beban lalu lintas kendaraan, angin, dan lain-lain.

Komponen pada struktur atas jembatan bervariasi tergantung dari jenis jembatan apakah beton/baja/komposit.

Biasanya kompone struktur atas tersebutĀ  terdiri atas :

Trotoar, jalur untuk pejalan kaki yang biasanya dibuat lebih tinggi tapi tetap sejajar dengan jalan utama agar pejalan kaki lebih aman dan bisa dilihat jelas oleh pengendara yang melintas.

Dek, dianggap sebagai jalan atau permukaan rel jembatan.

Girder/gelagar, untuk mengalirkan beban kendaraan pada bagian atas ke bagian bawah atau abutment.

Balok diafragma, bagian penyangga dari gelagar-gelagar jembatan. Berfungsi untuk memberikan stabilitas pada masing-masing girder dalam arah horizontal.

Bantalan (elastomer), bantalan jembatan dikenal dengan nama elastomer karena sifat karet elastis yang dapat meredam getaran bagi jembatan dan sebagai media untuk mengalirkan beban dari bangunan bagian superstruktur jembatan menuju bagian substruktur jembatan.

Umumnya bantalan jembatan ini dipasang di bawah girder jembatan, di atas pier head, maupun abutment.

Saat ini elastomer ada berbagai jenis dengan fungsi yang berbeda, sehingga ada parameter tertentu dalam memilih bantalan seperti beban yang bekerja, tingkat perawatan, jarak bebas yang tersedia, preferensi desain, toleransi konstruksi, dan biaya klasifikasi.

Selain itu, perlu diperhatikan juga dalam menentukan standar elastomeryaitu kombinasi beban yang diterima berbanding dengan ketebalan dan kekakuan bantalan karet yang dibutuhkan.

2. Struktur Bawah ( substruktur )

Struktu bawah berfungsi menopang seluruh beban struktur atas dan beban lain yang ditimbulkan oleh tekanan tanah, aliran udara, tumbukan, lecet pada tumpuan, dan sebagainya untuk kemudian disalurkan ke pengisi suara. Selanjutnya beban-beban tersebut disalurkan oleh piano ke tanah dasar.

Komponen substruktur jembatan terdiri atasĀ  :

Dermaga, merupakan struktur vertikal yang digunakan untuk menopang dek atau bantalan yang disediakan untuk transmisi beban ke tanah bawah tanah melalui bis. Struktur ini berfungsi sebagai penopang bentang jembatan pada titik-titik perantara.

Penyangga (pangkal jembatan), struktur vertikal yang digunakan untuk menahan struktur tanah di belakang, sehingga nyaman pada stabilitas seluruh sistem.

Dinding sayap ( wing wall ), struktur yang dibangun sebagai perpanjangan dari abutment untuk menahan tanah yang ada di tepian. Dinding penahan ini dibangun berdekatan dengan abutment. Stabilitas dinding sayap utamanya didasarkan pada ketahanan terhadap tekanan tanah.

3. Pondasi

Pondasi jembatan ini berfungsi meneruskan seluruh beban jembatan ke tanah dasar. Pondasi yang dibangun sebagai struktur jembatan dibuat cukup dalam untuk menghindari gerusan akibat pergerakan udara untuk mengurangi kerusakan yang mungkin terjadi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *