Melalui Bimtek, PPK Pagerbarang Genjot SDM PPS Se-Kecamatan Pagerbarang

KONSIDERAN – Suasana aula Kecamatan Pagerbarang Kabupaten Tegal Jawa Tengah sore itu, Senin 26 Juni 2023 tampak ramai.

Di hari itu, PPK Kecamatan Pagerbarang. memang tengah mengadakan bimbingan teknis bagi anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan Sumber Daya Manusia (SDM) se- Kecamatan Pagerbarang.

Dalam kegiatan tersebut, hadir segenap anggota PPK Kecamatan Pagerbarang dan peserta bimbingan teknis.

 

Pada acara bimbingan teknis (bimtek) tersebut diawali sambutan oleh Ketua PPK Pagerbarang, Dul Jamil, dilanjutkan pemberian materi oleh anggota PPK Divisi Parmas dan SDM, Mutiara Puja.

Dalam sambutannya, Ketua PPK Pagerbarang menyampaikan bahwa kegiatan bimbingan teknis ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia PPS terutama Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM.

“Kegiatan ini bertujuan meningkatkan kapasitas SDM terutama Divisi Parmas dan SDM,” ungkap Dul Jamil.

Sebab menurutnya, Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM menjadi ujung tombak keberhasilan peran serta masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2024.

Lanjut Dul Jamil, bimtek peningkatan kapasitas SDM ini merupakan rangkaian kegiatan pemilu atau tahapan lanjutan pemilu yang telah disusun KPU atau KPUD.

Tahapan pemilu 2024 yang telah diselesaikan yakni hubungannya dengan daftar pemilih, dawali dengan pemutakhiran data pemilih, kemudian Daftar Pemilih Sementara (DPS), sampai akhirnya final menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Tahapan-tahapan ini kami laksanakan bersinambungan. Alhamdulillah sejauh ini di wilayah kita semuanya berjalan normal”, terang Dul Jamil.

Sementara itu, anggota PPK Pagerbarang, Divisi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Mutiara Puja, pada kegiatan tersebut menyampaikan beberapa materi antara lain penggunaan templet dalam banner, pengertian dasar dari fotografi, media sosial dan seputar teknik kepenulisan.

Pada kesempatan tersebut, pemateri juga mengajarkan praktik menulis berita dengan obyek penulisan kegiatan bimbingan teknis itu sendiri.

Terkait pemberian materi bimtek, menurut salah seorang peserta dari Desa Srengseng, Marja, dalam keterangan tertulis yang diterima konsideran.com, menyampaikan bahwa materi yang dibawakan sistematis, dan penyampainnya interaktif sehingga tidak membosankan.

Setelah mengevaluasi terhadap hasil praktik peserta bimtek, acara diakhiri doa dilanjutkan dengan sesi foto bersama.

“Kegiatan ini diharapkan agar SDM anggota PPS se-Kecamatan Pagerbarang lebih baik lagi karena peningkatan SDM merupakan salah satu kunci suksesnya Pemilu 2024” tulis akun PPS Pagerbarang di media sosial facebook.*(darojat/konsideran)

Response (1)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *