Gorontalo Terpilih Menjadi Tuan Rumah Penas XVII

KONSIDERAN – Salah satu agenda dalam Rembug Utama Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) di Auditorium Universitas Negeri Padang Sumatera Barat, pada Jumat 9 Juni 2023 yaitu penetapan lokasi penyelenggaraan Pekan Nasional XVII yang akan datang.

Dalam rembug tersebut tercatat ada 4 propinsi yang mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan Pekan Nasional (Penas) XVII tersebut.

Keempat propinsi itu adalah propinsi Bangka Belitung, Lampung, Sumatera Selatan, dan Gorontalo.

Di Rembug Utama KTNA ini propinsi yang sudah mengajukan diri menjadi tuan rumah penyelenggaraan Penas XVII, oleh pihak penyelenggara rembug diminta mempresentasikan proposal pengajuannya.

Pihak propinsi yang mencalonkan diri menjadi penyelenggara Penas XVII tersebut masing-masing diberikan alokasi waktu selama 10 menit untuk memaparkannya kepada peserta rembug.

Di alokasi waktu yang singkat tersebut, presentator perwakilan propinsi harus mampu menyakinkan panitia seleksi tentang kesiapannya menjadi lokasi  penyelenggaraan Penas XVII.

Dalam sesi tersebut, para presentator ini satu per satu memaparkan kesiapan daerahnya menjadi tuan rumah penyelenggaraan even nasional 3 tahunan tersebut.

Mereka beradu kesiapan daerahnya jika terpilih menjadi tempat Penas. Tidak sedikit, presentator saling berpromosi menyampaikan potensi daerah yang dimilikinya.

Dari ketersediaan dukungan anggaran pemerintah propinsi, pengalaman dalam penyelenggaraan even nasional, sarana prasarana penginapan bagi peserta, hingga sarana pendukung lainnya.

Dalam penyampaian presentasinya, presentator ini saling meminta dukungan dari propinsi lain terdekat supaya bisa terpilih menjadi lokasi penyelenggaraan Penas XVII mendatang.

Para perwakilan propinsi yang menyampaikan presentasi itu, ada yang disampaikan langsung oleh gubernur, ada juga yang dibawakan oleh dinas terkait dari propinsi tersebut.

Tercatat hanya Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru yang menyampaikan langsung presentasi pemilihan calon lokasi penyelenggaraan Penas XVII.

Sementara propinsi lain, pemaparan disampaikan oleh perwakilan propinsi dari dinas terkait yang mewakilkannya.

Setelah tahapan penyampaian presentasi calon tuan rumah Penas XVII selesai, rembug  memutuskan secara voting memilih propinsi yang akan menjadi tuan rumah Penas XVII tersebut.

Dalam voting tersebut suara terbanyak diraih oleh propinsi Gorontalo, mengalahkan 3 propinsi lainnya,yakni  Lampung, Sumatera Selatan, dan Bangka Belitung.

Akhirnya rembug utama memutuskan, Penas XVII di selenggarakan di Provinsi  Gorontalo.*(darojat)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *