Fikri Zoya Almayra Siswa TK Masyitoh Desa Kademangaran Dukuhturi Juara 1 Lomba Tahfidz Qur’an

KONSIDERAN – Fikri Zoya Almayra salah seorang siswi TK Masyitoh Desa Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Jawa Tengah menjuarai lomba Tahfidz Qur’an kategori usia 5-6 tahun.

Zoya, demikian biasa dipanggil, mampu menyisihkan peserta lainnya di kegiatan lomba Tahfidz Qur’an.

Atas prestasi yang diraihnya itu, ananda Zoya dinobatkan menjadi juara pertama.

Kegiatan lomba yang diikuti putri dari Iman Fikriyani tersebut diselenggarakan oleh Sekolah Islam Terpadu (SIT) “Usamah” Kota Tegal, Jawa Tengah.

Ajang lomba di SIT Kota Tegal terangkum dalam satu paket kegiatan yang bertajuk “Semarak Kreativitas Membumikan Al-Qur’an”

Dalam lomba tersebut terbagi menjadi 2 kategori, yaitu pertama, kategori anak usia 5-6 tahun (siswa TK) meliputi Lomba Tahfidz Qur’an dan Lomba mewarnai tema Al Qur’an.

Sedangkan yang kedua, kategori anak usia 3-4 tahun (siswa PAUD) meliputi Lomba Hafalan Doa Harian dan Lomba mewarnai Tema Al-Qur’an.

Lomba bertempat di Kompleks SIT Usamah Jalan Surabayan RT 01 RW XIV Kelurahan Panggung Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal pada tanggal 28 Januari 2023

Kegiatan diikuti lebih dari 100 peserta untuk semua kategori lomba yang berasal dari berbagai daerah di Kota dan Kabupaten Tegal.

Menurut Nurbaeti, S.T.P, S.Pd, Kepala SIT Usamah yang disampaikan pada Pembukaan acara, kegiatan ini adalah merupakan kegiatan rutin tahunan yang baru dimulai kembali, setelah sebelumnya berhenti karena adanya Pandemi Corona.

Harapan dari Panitia agar kegiatan ini bisa menghasilkan anak-anak yang soleh-solehah dan mencintai Al-Qur’an.

Khusus Lomba Tahfidz diikuti oleh sekitar 57 peserta yang berasal dari Sekolah TK / RA di wilayah Kota dan Kabupaten Tegal.

Kegiatan dibagi dalam 2 tahap, yaitu tahap penyisihan dan tahap final. Di tahap penyisihan dibagi menjadi 2 kelas, yang masing terdiri dari 28 dan 29 peserta.

Selanjutnya masing-masing peserta wajib membacakan surat Al-Fatihah dan satu surat pilihan yang telah diundi yaitu QS Al Falaq, QS Annas, QS Al-Lahab dan QS Al-ikhlas.

Setelah melalui penilaian oleh dewan juri, dihasilkan 10 peserta yang akan mengikuti babak Final.

Pada tahap ini semua peserta diwajibkan untuk membaca QS Al-Lahab.

Selanjutnya diperoleh pemenang lomba untuk juara 1, 2, 3 dan juara harapan 1, 2 dan 3.

Khusus juara 1 lomba Tahfidz Qur’an kategori usia 5-6 tahun diperoleh ananda Fikri Zoya Almayra, peserta dari TK Masyitoh Desa Kademangaran Kecamatan Dukuhturi Kabupaten Tegal Jawa Tengah.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *