Empat Jenis Laporan BPD Terhadap Laporan Kades

KONSIDERAN – Dalam penyelenggaraan pemerintahan desa, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) sedikitnya harus membuat empat jenis laporan dari hasil evaluasi BPD terhadap laporan Kades.

Laporan-laporan tersebut dibahas dalam Musyawarah Desa (Musdes) untuk disampaikan kepada Bupati melalui Camat.

Adpun empat jenis laporan BPD tersebut terdiri atas :

  1. Laporan Evaluasi Kinerja Kepala Desa Semester Pertama

Laporan ini dibuat BPD dari hasil Evaluasi Kinerja Kepala Desa atas pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah Desa (RKPDes) Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang dibahas dalam Mudes Evaluasi Kinerja Kepala Desa pada bulan Juni tahun anggaran berjalan.

Laporan ini disampaikan kepada Bupati melalui Camat selambat-lambatnya 10 hari setelah habis semester pertama tahun anggaran berjalan.

 

  1. Laporan Evaluasi Kinerja Kepala Desa Semester Akhir

Laporan ini dibuat oleh BPD dari hasil Evaluasi Kinerja Kepala Desa atas pelaksanaan RKPDes dalam APBDes yang dibahas dalam Mudes Evaluasi Kinerja Kepala Desa pada bulan Desember tahun anggaran berjalan.

Laporan ini disampaikan kepada Bupati melalui Camat selambat-lambatnya 10 hari setelah habis semester akhir tahun anggaran berjalan tahun anggaran berikutnya.

  1. Laporan Evaluasi Kinerja Kepala Desa terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Desa.

Laporan ini dibuat oleh BPD dari hasil Evaluasi Kinerja Kepala Desa atas pelaksanaan RKPDes yang selambat-lambatnya dibuat tiga bulan setelah habis tahun anggaran, yaitu dari bulan januari hingga bulan Maret tahun anggaran berikutnya.

Laporan jenis ini disampaikan kepada Bupati melalui Camat selambat-lambatnya tiga bulan setelah habis tahun anggaran yaitu dari bulan Januari hingga bulan Maret tahun anggaran berikutnya.

 

  1. Laporan Evaluasi Kinerja Kepala Desa terhadap Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Pelaksanaan APBDes.

Laporan ini dibuat oleh BPD dari hasil Evaluasi Kinerja Kepala Desa atas pelaksanaan APBDes yang selambat-lambatnya dibuat tiga bulan setelah habis tahun anggaran.

Yaitu pelaporannya dari  Januari hingga bulan Maret tahun anggaran berikutnya.

Laporan jenis ini juga disampaikan kepada Bupati melalui Camat. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *