Dokumen Pertanggungjawaban Pemerintah Desa dalam BUMDes

KONSIDERAN – Apapun bentuk pengeluaran pihak desa yang sudah dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes), baik besar maupun kecil nilainya, Pemerintah Desa wajib membuat pertanggungjawaban atas penggunaan anggaran yang telah direalisasikannya.

Begitu juga jika Pemerintah Desa mengalokasikan anggaran untuk penyertaan modal bagi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), maka surat pertanggungjawabannya pun harus dibuat dengan semestinya.

Untuk mempertanggungjawabkan penyertaan modal BUMDes, Pemerintah Desa harus membuat dokumen pertanggungjawabannya, yang terdiri atas :

  1. Usulan pencairan dana Pengurus BUMDes (berkas lengkap)
  2. Berita acara penyerahan dana BUMDes.
  3. Bukti penyerahan yang terdiri :
  4. Bukti transfer dana. (jika dana diberikan dalam bentuk transfer ke Rekening BUMDes)
  5. Foto penyerahan uang (Jika diberikan cash/tunai)
  6. Foto kegiatan Musyawarah Desa penyerahan Dana BUMDes.
  7. Laporan pelaksanaan dan perkembangan BUMDes oleh pengurus BUMDes atas penggunaan dana penyertaan modal desa. (kewajiban pengelola/pengurus BUMDes)

Sekadar catatan, pemberian modal penyertaan BUMDes melalui transfer dari Rekening Kas Desa ke rekening BUMDes lebih aman dan lebih baik.

Karena modal BUMDes lebih baik berada di rekening BUMDes.  Dengan demikian pengelola BUMDes tinggal menggunakan secukupnya sesuai kebutuhan usaha.

Hal lain yang harus diperhatikan juga yaitu jangan sampai  penyertaan modal ada pemotongan dari pihak pemerintah desa, dengan dalih apapun.***

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *