Desa Wisata Apar

Penerima Anugerah Sebagai 50 Desa Wisata Terbaik

KONSIDERAN – Desa Wisata Apar merupakan desa wisata yang ada di kota Pariaman Sumatera Barat. Desa Wisata ini mengusung konsep wisata alam, budaya dan kearifan lokal.

Desa wisata Apar menyajikan berbagai macam destinasi wisata salah satunya hutan mangrove yang di lengkapi dengan tracking mangrove yang bisa memanjakan mata pengunjung untuk menikmati hutan mangrove.

Di areal mangrove ini dilengkapi gazebo serta menara pandang. Selain itu pengunjung juga bisa melihat berbagai macam jenis mangrove dan hewan yang ada di dalam kawasan wisata Apar ini.

Selain hutan mangrove, di desa wisata Apar juga memiliki hamparan pantai yang bersih dan biru serta memiliki sunset yang indah.

Selain pantai, desa wisata Apar juga ada konservasi penyu. Bukan itu saja, desa wisata ini juga mempunyai daya tarik unik mengangkat kearifan lokal yaitu aktraksi beruk di sekolah tinggi ilmu baruak.

Di sini wisatawan bisa menikmati si beruk memetik buah kelapa tua dan muda. Uniknya si beruk setelah menjatuhkan kelapa muda langsung memberikannya ke wisatawan.

Karena keunikan dan kekhasan yang dimiliki desa wisata Apar itulah, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia pada 28 Agustus 2021 menganugerahkan Desa Wisata Apar sebagai 50 Desa Wisata Terbaik Desa Wisata Indonesia Bangkit Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021.

Dan, pada 12 Juni 2023 Desa Wisata Apar menjadi destinasi widyawisata para peserta Pekan Nasional XVI yang berlangsung di Kota Padang, Sumatera Barat.

Para peserta widyawisata dari perwakilan provinsi se-Indonesia tersebut disuguhkan berbagai ‘menu’ wisata yang ada di Desa Wisata Apar tersebut.* (Darojat)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *