Buku “Zikir Anfaas” Dibedah di UPS Tegal

KONSIDERAN – Perpustakaan Pusat Universitas Pancasakti Tegal dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tegal, menggelar bedah buku berjudul ‘Zikir Anfaas’ di Gedung Perpus UPS Tegal pada Kamis 9 Juni 2022.

Buku  yang dibedah tersebut karya Ustadz Toha Ma’sum, yang sekaligus sebagai narasumber di acara tersebut.

Dr. Agus Wibowo, ST, MT, dosen Fakultas Teknik UPS Tegal, yang sebelumnya kerap berdiskusi langsung tentang zikir anfaas dengan penulis buku tersebut.

Kali ini doktor teknik yang keseharian bergelimang dengan eksakta, bertindak sebagai pembedah buku “Zikir Anfaas” dalam pandangan eksaknya.

Adapun sebagai moderator di handle oleh Yuliadi Indrayanto, dari Radio Annur Fm.

Ustadz Toha Ma’sum dalam paparannya mengatakan, bahwa nafas adalah kehidupan, maka jangan kita sia siakan tanpa berzikir kepada Allah, karena menghembuskan nafas terakhir dalam mengingat Allah adalah Khusnul khatimah.

“Jadi zikir anfaas yang kami maksud adalah mengingat Allah SWT dengan kontrol yang sebaik baiknya, perlahan lahan kita tarik nafas, di hati dan akal kita mengingat Allah SWT. Perlahan lahan kita buang nafas, di hati dan akal kita, disertai dengan mengingat Allah SWT,” papar Ustadz Toha.

Lebih lanjut ditambahkan Ustadz Toha, dalam melakukan zikir anfaas ini, kita melakukannya tanpa beban, tanpa paksaan dengan penuh penghayatan, konsentrasi sebaik mungkin, yang ada dalam ingatan akal dan hati kita hanya Allah SWT, tidak ada yang lain selain Allah SWT.

“Dalam zikir juga tanpa membayangkan, karena Allah SWT tidak bisa dibayangkan, dan mulut juga tertutup rapat, tidak ada angin yang keluar dan masuk dari mulut sedikitpun,” ujar. Udtadz Toha.

Diterangkan lebih detail oleh Ustadz Toha, matapun dalam kondisi terpejam untuk membantu konsentrasi nafas keluar dan masuk dari hidung.

Acara bedah buku ini sangat antusias disambut oleh tamu undangan, diantaranya Dr.Edi Praptomo mewakili Ketua Yayasan UPS, Dr.Beni Habibi, M.Pd mewakili Rektor UPS, Dr.Maufur Rektor Universiatas Bhamada, Slawi Kabupaten Tegal, Kushartono, Staf Ahli Bupati Tegal, Sutoyo, SH, MH Sekretaris Disnaker Kabupaten Tegal,

Juga dari kalangan seniman yang tergabung dalam Komunitas Sastrawan Tegalan Atmo Tan Sidik, Lanang Setiawan, Dhimas Riyanto, Mohamad Ayub, Endhy Kepanjen dan mahasiswa UPS serta masyarakat umum.

Tak ketinggalan pula nampak hadir puluhan anggota Majelis Zikir Anfaas yang sengaja datang dari Kebumen.

Usai acara disusul dengan penyerahan sertifikat dan plakat kenang kenangan, dari Kepala Perpustakaan Pusat UPS Tegal, Yulia Prima Sari, M.M.Pd kepada Sutoyo, SH, MH juga Penulis Zikir Anfaas dan dilanjut sesi foto bareng. ***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *