Ragam  

Begini Cara Menghitung Kebutuhan Paving Block

sumber gambar : internet

KONSIDERAN  –  Dalam melaksanakan kegiatan pembangunan, terkadang ada kegiatan  berupa pavingisasi, entah pavingisasi gang, jalan lingkungan, maupun halaman.

Untuk memenuhi kebutuhan kegiatan tersebut, diperlukan material yang namanya Paving Block.

Paving block (bata beton) atau conblock adalah suatu komposisi bahan bangunan yang dibuat dari campuran semen portland atau bahan perekat hidrolis sejenisnya, air dan agregat dengan atau tanpa bahan tambahan lainnya yang tidak mengurangi mutu bata beton itu. (SNI 03-0691-1996).

Berdasarkan SNI, ketebalan paving block dibagi menjadi tiga:

  1. Ketebalan 60 mm untuk beban lalu lintas ringan.
  2. Ketebalan 80 mm untuk beban lalu lintas sedang sampai berat.
  3. Ketebalan 100 mm untuk beban lalu lintas super berat.

Terkait pavingisasi ini,  berikut disajikan cara menghitung kebutuhan paving block untuk pavingisasi.

Dikutip dari laman pengadaan.web.id, untuk menghitung jumlah paving block yang dibutuhkan, terlebih dahulu perlu mengetahui  luas lokasi yang akan dipaving.

Setelah diketahui panjang dan lebarnya, kemudian kalikan panjang dan lebar lokasi  untuk mendapatkan luas total.

Misalnya gang lingkungan yang akan dipaving  memiliki panjang 25 m dan lebar 2 m. Maka luas totalnya adalah  25  m x 2 m = 50 m.

Selain menghitung luas lokasi, Anda juga perlu mengetahui jumlah konblok per meter.

Jumlah ini tentunya berbeda antara satu model konblok dengan model lain.

Dari segi model, paving block terbagi menjadi beberapa jenis yang berbeda.

Mengetahui jenis-jenis konblok yang tersedia di pasaran sangat penting untuk memudahkan Anda dalam  menentukan pilihan.

Berikut beberapa model konblok yang paling populer.

  1. Paving Block Bata

Model paving block yang satu ini sangat lazim ditemukan di tanah air. Hadir dengan bentuk persegi panjang menyerupai batu bata, pemasangan jenis konblok yang satu ini tergolong simpel. Ukurannya juga cukup besar sehingga memiliki daya tutup yang lebih luas.

  1. Paving Block Cacing

Konblok cacing banyak digunakan untuk menghias rumah dengan konsep modern dan minimalis. Bentuknya yang terlihat unik menyerupai cacing membuat paving block ini mampu menambah keindahan halaman rumah Anda. Pemasangan konblok cacing juga tergolong mudah.

  1. Paving Block Rumput

Bagi Anda yang tidak ingin menutup halaman secara keseluruhan, paving block rumput bisa jadi pilihan tepat. Karena memiliki lubang pada bagian tengah, rumput bisa tumbuh dengan sendirinya sehingga memberikan sentuhan yang berbeda pada halaman.

  1. Paving Block Segi Enam

Konblok model segi enam juga sangat populer digunakan untuk hunian maupun tempat umum. Sesuai dengan namanya, model ini mempunyai enam sisi sehingga mampu memperindah tampilan halaman rumah. Konblok model hexagon juga cukup mudah dipasang.

  1. Paving Block Trihex

Model terakhir yang juga cukup lazim di Indonesia adalah trihex. Konblok ini hampir menyerupai model segi enam namun hadir dengan tiga rangkaian sekaligus. Bentuknya yang unik membuat paving block trihex banyak diminati oleh masyarakat.

Berikut daftar jumlah paving block per meter berdasarkan jenisnya

  • Paving block bata = 44 buah per meter persegi
  • Paving block segi enam = 25 buah per meter persegi
  • Paving block trihex = 39 buah per meter persegi
  • Paving block cacing = 39 buah per meter persegi
  • Paving block ubin kecil = 88 buah per meter persegi
  • Paving block ubin besar = 22 buah per meter persegi

Setelah mengetahui jumlah paving block yang dibutuhkan untuk setiap meter area, Anda dapat mengalikan luas total area dengan jumlah blok per meter.

Cara ini biasa dilakukan oleh tukang bangunan maupun kontraktor untuk menentukan estimasi kebutuhan blok dan biaya yang diperlukan.

Agar lebih memahami cara menghitung jumlah kebutuhan paving block, perhatikan contoh berikut ini.

Misal, Anda memiliki halaman dengan panjang 2 meter dan lebar 3 meter. Setelah melihat-lihat, Anda tertarik untuk menggunakan paving block model trihex. Berapa jumlah paving block yang diperlukan?

Untuk mengetahui estimasi jumlah paving block yang dibutuhkan, terlebih dahulu hitung luas total halaman yaitu 2 m x 3 m = 6 meter.

Setelah mengetahui luas total halaman, kini saatnya menghitung jumlah paving block yang dibutuhkan.

Karena Anda tertarik untuk menggunakan model trihex yang membutuhkan 39 buah per meter persegi, maka kalikan luas total halaman dengan jumlah blok per meter.

Cara menghitungnya adalah 6 x 39 = 234. Dengan demikian, Anda membutuhkan sekitar 234 buah paving block trihex untuk menutup halaman.

Cara penghitungan tersebut sangat bermanfaat untuk mengetahui perkiraan jumlah kebutuhan blok.

Anda bisa memesan lebih banyak blok sebagai antisipasi apabila terjadi kerusakan atau penghitungan luas yang kurang akurat.

Kini Anda telah mengetahui cara menghitung kebutuhan paving block. Dengan menyesuaikan antara luas halaman dan jenis blok yang dibutuhkan, Anda bisa dengan mudah memperkirakan blok yang harus dibeli beserta anggaran yang harus dipersiapkan.***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *