5 Jenis Usaha Yang Bisa Dikembangkan di BUMDes

KONSIDERAN – Sebelum memutuskan jenis usaha apa yang cocok dikembangkan di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), alangkah baiknya terlebih dulu menggali potensi desa yang bisa dikembangkan sebagai usaha ekonomi di desanya.

Dengan penggalian potensi desa yang tepat, akan dapat menopang keberlangsungan usaha BUMDes.

Bingung memilih usaha yang cocok untuk BUMDes ? Jika masih belum menentukan usaha yang sesuai untuk di dikembangkan di BUMDes, berikut ini ada 5 jenis usaha yang mungkin dapat dikembangkan BUMDes sesuai kondisi dan potensi desa.

Kelima jenis usaha tersebut yaitu :

  1. Pengolahan Hasil Pertanian. Pengolahan hasil pertanian masyarakat desa seperti padi menjadi produk beras dengan kualitas yang bagus serta pengemasan yang baik sesuai  selera pasar. Misalnya lagi, usaha penangkaran benih padi dengan cara kerjasama dengan petani atau kelompok tani. Apalagi didukung pemasaran yang inovatif dan kekinian, sangat terbuka peluang untuk berkembang.
  2. Pengolahan Sampah. Pengolahan Sampah Organik maupun Non-Organik menjadi produk yang lebih bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi, seperti pupuk ataupun cacahan plastik yang siap untuk daur ulang, bisa menjadi pilihan usaha.
  3. Membentuk Kelompok Industri Pengolahan Makanan. Misalnya saja, di desa  sangat melimpah buah maupun sayur, maka pengolahan buah dan sayur hasil dari masyarakat desa menjadi produk bernilai lebih dan dapat menarik minat calon konsumen, layak dijadikan alternatif usaha BUMDes.
  4. Membentuk Kelompok Peternak Desa. Membentuk Kelompok Peternak Desa serta memberikan ilmu dan metode beternak yang baik dengan memanfaatkan teknologi tepat guna, misal saja ternak kambing dengan pakan hasil fermentasi.
  5. Mengelola Lingkungan. Pengelolaan lingkungan desa yang dapat dikembangkan BUMDes misalnya menggali potensi desa menjadi desa wisata, kampung industri, kampung edukasi, kampung ekonomi, ataupun kampung kampung jenis lainnya. Yang dapat menghasilkan nilai materil yang lebih serta menjadikan contoh yang baik bagi desa desa lainnya

Itulah lima jenis usaha BUMDes yang bisa menjadi inspirasi usaha dalam upaya menggerakkan ekonomi  desa melalui BUMDes. ***

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *